4 Cara Menghitung Usia Kehamilan dari HPHT Mudah

4 Cara Menghitung Usia Kehamilan dari HPHT Mudah

Hampir semua pasangan sangat mendambakan yang namanya momongan. Kondisi ini akan sangat membahagiakan. Salah satu usaha untuk bisa mengetahui apakah seorang wanita sedang hamil atau tidak adalah mempelajari cara menghitung usia kehamilan dari HPHT.

Cara Menghitung Usia Kehamilan dari HPHT

Perhitungan untuk tahu apakah sedang hamil atau tidak memang sering orang lakukan dengan metode pengamatan HPHT atau haid pertama terakhir seseorang cara ini orang nilai sebagai salah satu teknik terbaik dalam mengetahui apakah seorang wanita sedang hamil atau tidak.4 Cara Menghitung Usia Kehamilan dari HPHT MudahCara menghitung usia kehamilan dari HPHT sangat mudah, pertama Anda harus cari tahu tanggal HPHTnya kemudian menambahkannya satu tahun, lalu tambahkan tujuh hari, selanjutnya mundurkan dengan tiga bulan. Perhitungan matematika ini akan memunculkan angka prediksi persalinan akurat.Misalnya HPHTnya tanggal 22 Juli 2023 maka proses perhitungannya adalah 22 juli 2023 tambah dengan 1 tahun, setelah itu 22 juli 2024 tambahkan lagi dengan 7 hari kemudian kurangkan dengan 3 bulan. Maka hasil dari perhitungan tersebut memunculkan tanggal 29 April 2024

Bagaimana Jika Lupa Siklus HPHT

Apabila karena beberapa hal Anda tidak dapat mengingat siklus HPHT secara benar tidak perlu khawatir, karena terdapat beberapa metode yang dapat Anda gunakan. Kemajuan teknologi membuat seorang ibu hamil tetap bisa tahu usia kandungannya. Berikut cara terbaik tahu usia kehamilan jika lupa HPHTnya :

1. Menggunakan Alat Scan Kehamilan

Menghitung usia janin menggunakan cara dating scan atau teknologi seperti ultrasound sangat wajar orang lakukan. Kehadiran teknologi medis ini memang sangat cocok untuk pasangan yang kelupaan mengenai siklus HPHTnya sehingga sangat sulit melakukan perhitungan usia kandungan.Selain aplikasi kehamilan, alat scan kandungan juga dapat memunculkan hasil sangat akurat. Proses atau metode perhitungannya sendiri mengambil indikator dari serangkaian pengukuran area kantung kehamilan serta pada bagian embrio dan janin itu sendiri, sehingga memunculkan data akurat.

2. Melakukan Pemeriksaan Fisik

Selain memanfaatkan perkembangan teknologi, Anda juga bisa mengetahui kondisi kehamilan seorang calon ibu dari pemeriksaan fisik seperti pengukuran pada bagian panggul. Area rahim dan panggul umumnya akan mengalami perubahan. Ketika ini terjadi maka proses pengamatan bisa terjadi.Perubahan pada bagian tubuh wanita satu ini terlihat sangat signifikan dan tentu saja dapat Anda amati secara saksama. Kondisi perkembangan pada tubuh pada area panggul dan rahim wanita sangat terlihat seperti mulai membesar. Berdasarkan perkembangan inilah Anda bisa tahu usia kandungan bumil.Demikian informasi mengenai pentingnya mengetahui cara menghitung usia kehamilan dari HPHT. Khusus untuk pasangan yang baru saja mendapatkan kabar gembira soal kehamilan pastikan untuk mempelajari hal ini, agar nantinya persiapan menyambut sang buah hati dalam berjalan sempurna.